• BPBD Makassar Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran di Lepping
    Oleh | Jumat, 3 November 2023 | 01:36 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Si Jago merah kembali melahap pemukiman padat penduduk di Kampung Lepping Jalan Muh. Tahir Kel. Jongaya, Kec. Tamalate Kota Makassar, Senin 30 Oktober 2023.

    Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar Ahmad Hendra Hakamuddin yang dikonfirmasi di lokasi kebakaran mengatakan, bahwa berdasarkan data yang ada saat ini terdapat 9 rumah yang hangus terbakar, 3 terdampak, jadi keseluruhan ada 12 rumah.

    Adapun jumlah jiwa yakni 74 orang dari 20 Kepala Keluarga (KK). Untuk korban jiwa tidak ada namun pihaknya masih mendata dikarenakan korban ada balita, anak-anak dan lansia.

    Dari asesmen itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk menentukan titik posko yang nantinya akan menghimpun seluruh bantuan yang datang kemudian disalurkan.

    “Untuk BPBD Makassar akan menyalurkan bantuan logistik berupa baby kids, family kids, obat-obatan, terpal dan sarung. Untuk tenda darurat kemungkinan malam ini kita adakan disekitar jalan masuk,” pungkas Hendra..

    Sementara itu, Danton 1 Damkar Makassar, Ramli menjelaskan bahwa personel yang dibantu oleh rekan-rekan penyelamatan sempat kewalahan dalam mengatasi kebakaran tersebut dikarenakan warga yang berbondong-bondong mendatangi tempat kejadian, apalagi tadi lokasinya lorong sempit dan padat penduduk, namun dengan bersusah payah akhirnya personel berhasil memadamkannya pada pukul 20.10 Wita.

    Adapun armada yang dikerahkan, lanjut Ramli yakni sebanyak 17 unit diantaranya bantuan dari Posko Timur dan Posko Ujung Tanah. Dalam proses evakuasi 1 personel kami mengalami cedera akibat terjatuh dari lantai 2 saat memadamkan kobaran api dan kini telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit (RS) Labuang Baji Makassar. Penyebab kebakaran hingga saat ini belum ketahui,” tutupnya.

     

    Editor: Ahmad Rusli