• Jika Banjir, BPBD Makassar Siap Antar Warga ke TPS Dengan Perahu
    Oleh | Sabtu, 6 Januari 2024 | 10:39 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai memetakan titik-titik rawan banjir saat Pemilu 2024. BPBD Makassar siap mengantar para pemilih ke tempat pemungutan suara (TPS) jika banjir terjadi di hari pemilihan.

    “Kesbangpol dan KPU sedang collect data, titik-titik mana saja yang rawan. Singkat pemikiran kami bahwa TPS itu bisa dipindah-pindahkan (tapi) ternyata kan harus di dalam wilayah administratif,” kata Kepala Pelaksana BPBD Makassar Akhmad Hendra Hakamuddin kepada wartawan di Balaikota Makassar, Sabtu 6 Januari 2024.

    Hendra mengatakan pihaknya akan menyiapkan berbagai macam cara untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Makassar. BPBD Makassar bahkan siap mengakomodasi pengantaran warga ke TPS menggunakan perahu karet.
    “Bagaimanalah nanti tugas kami, apakah mengantar pemilih ke TPS-nya atau seperti apa,” ucapnya.

    Di sisi lain, Hendra tetap berharap KPU dan Kesbangpol Makassar bisa betul-betul memilih lokasi TPS yang ideal. Sehingga ketika intensitas hujan tinggi, lokasi TPS tidak terendam banjir.

    “Namun ada banyak hal yang terungkap bahwa dipilihkan TPS yang tidak terlalu berpotensilah atau minim. Langkah-langkah lain dalam distribusi logistik terutama daerah pulau kami butuh data kebutuhannya seperti apa sehingga kami bisa sesuaikan,” bebernya.

    Hendra mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk ikut membantu ketersediaan armada perahu karet. Armada itu nantinya dipakai untuk melakukan distribusi, termasuk ketika hari H pemilihan.

    Editor: Ahmad Rusli