• Pemerhati Kota: Bapenda Harus Tertibkan Reklame yang Melanggar
    Oleh | Sabtu, 15 Juni 2024 | 15:58 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, Sulawesi Selatan melakukan penertiban reklame besar besaran pada 2023. Langkah ini diharapkan terus berlanjut tahun 2024.

    “Kita dukung terus dilakukan penertiban karena sekarang banyak reklame yang tidak lagi memperhatikan estetika kota. Bikin semrawut. Harus ditertibkan,” ujar Muhammad Alim Nas, pemerhati perkotaan, Sabtu 15 Juni 2024.

    Menurut Alim, langkah Bapenda sudah tepat. Apalagi menjelang Pemilu banyak baliho yang dipasang menyalahi estetika kota. Kepala Bapenda Makassar Firman Hamid Pagarra di Makassar, mengatakan, penertiban reklame karena maraknya reklame yang muncul dan tidak berizin di Kota Makassar.

    “Ada beberapa pemasangan reklame spanduk yang melanggar di ruas jalan protokol dan kawasan terbuka hijau di Kota Makassar, itu kita tertibkan,” katanya.

    Firman menjelaskan penertiban reklame ini adalah kegiatan rutin sebagai bagian dari estetika kota dan menertibkan beberapa pemasangan reklame yang tidak sesuai pada koridornya. Mantan Kadis DPM PTSP Pemkot Makassar ini menyatakan bahwa upaya penertiban reklame merupakan salah satu edukasi dan bagian dari upaya peningkatan PAD Kota Makassar.

    Adapun pembongkaran reklame di seluruh kecamatan dan ruas jalan protokol ini melibatkan tim gabungan dari Bapenda Kota Makassar dan aparat Satpol PP Kecamatan.

    Semua reklame yang dibongkar diangkut menggunakan kendaraan Satpol PP.

    “Selain tidak berizin juga karena estetika. Reklame yang ditertibkan itu banyak jenisnya ada reklame terkait bisnis, politik dan lainnya,” ucapnya.

    Editor: Arus Ahmad