• Dinas PTSP Sebut PDAM Makassar Siap Buka Peluang Investasi
    Oleh | Rabu, 10 Juli 2024 | 10:14 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Cakupan distribusi air bersih di Kota Makassar telah mencapai 85 persen.

    Meski begitu, Pemerintah Kota Makassar terus berupaya untuk memaksimalkan pendistribusian air bersih hingga 100 persen. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan membuka peluang investasi dalam pengelolaan air bersih.

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar, Helmy Budiman, mengatakan pengelolaan air bersih di Makassar diatur oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), yang saat ini cakupan distribusinya mencapai 85 persen.


    “Namun, keterbatasan sumber daya manusia,
    sarana, dan prasarana menjadi kendala utama bagi PDAM” ujar Helmy.

    Helmy menjelaskan, dengan membuka peluang investasi, PDAM diharapkan dapat bekerja sama dengan pihak swasta untuk meningkatkan pendistribusian air bersih.

    “Kami berharap cakupannya bisa mencapai 100 persen sehingga seluruh wilayah di Makassar dapat terdistribusi air bersihnya” kata Helmy.

    Sebelumnya, Helmy mengikuti pelatihan dari
    Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi
    (Kemenkomarvest) tentang bagaimana membuka peluang baru untuk penyediaan air bersih melalui kerjasama dengan pihak swasta.
    “Saat ini cakupan air bersih di Makassar baru 85 persen. Kami berharap nanti bisa mencapai 100 persen sehingga seluruh wilayah di Makassar bisa tercover dengan air bersih,” pungkas Helmy.


    Editor: Arus Ahmad