• Dinas Pertanahan Makassar Perjuangkan Legalitas Lapangan Karebosi
    Oleh | Senin, 30 Oktober 2023 | 08:56 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera memiliki legalitas pengelolaan Lapangan Karebosi.

    Hal ini menyusul proses penerbitan sertifikat hak pengelolaan (HPL) Karebosi yang telah memasuki tahapan finalisasi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

    Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar, Sri Sulsilawati, mengatakan bahwa pihaknya telah berkonsultasi berulang kali dengan Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan.

    “Alhamdulillah, proses penerbitan HPL Karebosi sudah memasuki tahapan finalisasi. Kami berharap HPL ini dapat diterbitkan sebelum November 2023,” kata Sri Sulsilawati, Senin 30 Oktober 2023.

    Dengan adanya HPL ini, Pemkot Makassar akan memiliki kewenangan penuh untuk mengelola Lapangan Karebosi.

    Hal ini membuka peluang bagi Pemkot Makassar untuk memanfaatkan Lapangan Karebosi secara langsung atau melalui kerjasama dengan pihak lain.

    “Pemkot Makassar akan memiliki legalitas sehingga bisa memperbaharui perjanjian kerjasama antara Pemkot Makassar dan PT Tosan. Dengan demikian, manfaat dan hasilnya dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelas Sri Sulsilawati.

    PT Tosan saat ini mengelola Lapangan Karebosi untuk aktivitas komersial. Dengan adanya HPL ini, perjanjian kerjasama antara Pemkot Makassar dan PT Tosan dapat diperbaharui dan manfaatnya dapat digunakan untuk meningkatkan PAD Makassar.

     

    Editor: Ahmad Rusli