• BPBD Makassar Minta Camat Siaga Banjir
    Oleh | Minggu, 23 Oktober 2022 | 08:50 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin meminta camat di daerah rawan banjir kembali bersiaga menyusul hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi pekan ini.

    “Diharapkan para camat selalu siaga dan memonitoring daerah masing-masing serta melaporkan secara periodik perkembangan terbaru di wilayahnya,” ujar Hendra.

    Ia menambahkan, sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hujan dengan intensitas tinggi dan sedang akan terjadi pada Oktober sampai Desember 2022, sehingga masyarakat dan pejabat kecamatan tetap waspada dan siaga terjadi banjir susulan. Dari data BPBD Makassar, tercatat ada enam kecamatan masuk dalam kategori rawan terendam banjir.

  • Kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Biringkanaya, Tamalate, Manggala, Panakukang, Tamalanrea, dan Rappocini. Sebelumnya, seluruh pengungsi yang terdampak pascabanjir pada enam kecamatan di lokasi pengungsian banyak yang sudah pulang ke rumah masing-masing.

    Kendati genangan banjir sudah surut, namun Pemerintah Kota Makassar melalui BPBD meminta masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya kembali hujan dengan intensitas tinggi di wilayah kota.

    Sebelumnya, banjir melanda pada enam kecamatan saat intensitas hujan tinggi, berlangsung sejak 5-7 Desember tahun lalu menyisakan genangan air dan banjir pada beberapa wilayah kota.

    editor:Heny