• Personel Dinkes Makassar Siaga di Sepanjang Area F8, Ini Tujuannya
    Oleh | Kamis, 8 September 2022 | 20:19 WITA

    Makassar, Linksulsel.com- Makassar International Eight Festival and Forum (F8) sudah dinantikan sekian lama warga Makassar dan luar Makassar. Event F8 yang absen dilaksanakan selama dua tahun karena Pandemi Covid-19, pada tahun 2022 akan diisi dengan berbagai macam acara. Seluruh SKPD Pemkot Makassar bahu membahu menyukseskan F8. Dinas Kesehatan (Dinkes) salah satunya.

    Dinkes Makassar ikut berpartisipasi menyukseskan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang diselenggarakan 7-11 September 2022.

    Dikutip dari MakassarMetro.com, Dinkes menyiapkan tim kesehatan berjumlah 10 orang yang akan mobile di area F8 sepanjang 1,4 kilometer anjungan Pantai Losari.

    Tim ini diturunkan untuk memantau pengunjung yang memiliki gejala sakit, tetapi tidak bisa menjangkau tenda atau posko kesehatan.

    “Tim ini nantinya akan turun memantau pengunjung yang sekiranya membutuhkan penanganan medis, tapi tidak dijangkau posko kesehatan,” kata Kepala Dinkes Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin, Kamis 8 September 2022.

    Selain itu, Dinkes Makassar juga menyiapkan mobil ambulans di masing-masing zona. Ambulans ini disiapkan untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang akan dirujuk ke rumah sakit.

    “Kita juga akan melakukan penanganan langsung di tempat. Jadi, rumah sakit terdekat seperti RS Siloam dan RS Stella Maris itu wajib menjadi rumah sakit rujukan,” tuturnya.

    Kata dia, pengerahan tim kesehatan secara khusus diturunkan mengingat animo masyarakat dianggap cukup tinggi untuk menyaksikan pesta rakyat Makassar yang sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

    Ada empat posko yang didirikan di empat zona. Tenaga kesehatan disiapkan untuk P3K yang tersebar di tiap zona.

    Selain itu, ada 2 orang siap melakukan vaksinasi dan 1 orang genose di tiap posko kesehatan.

    “Kami juga siapkan tim EKG untuk mengantisipasi penyakit-penyakit yang membutuhkan bantuan itu segera kita EKG di tempat,” ucap Nursaidah.

    Editor: Ahmad Rusli