• Dua Praktisi Humas Sharing Materi Strategi Kehumasan di Era Digital
    Oleh | Minggu, 30 Juni 2019 | 21:15 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Dua praktisi humas berbagi ilmu mengenai strategi kehumasan di era digital pada acara Talkshow Humas Sulsel Expo 2019, yang diselenggarakan di Mal Phinisi Point Makassar, Sabtu (29/6). Keduanya adalah General Manager Corporate Affairs PT Nusantara Infrastructure Deden Rochmawaty, dan Direktur Komunikasi Indonesia Indikator Rustika Herlambang.

    General Manager Corporate Affairs PT Nusantara Infrastructure, Deden Rochmawaty, pada kesempatan tersebut, menyampaikan materi dasar dalam dunia kehumasan. Bagi Deden, humas menggambarkan wajah sebuah instansi dan perusahaan.

    Untuk itu, penting dalam kerja kehumasan membangun kepercayaan (gain trust) dan hubungan baik (good relationship), dengan seluruh stakeholder yang ada.

    “Apalagi di era digital saat ini, dalam hitungan detik seorang PR harus mampu memberikan image positif maupun menetralkan isu yang terlanjur dibuat negatif,” kata Deden.

    Kerja humas di era digital, lanjut Deden, humas dituntut untuk deal dengan segala perangkat komunikasi yang ada. Baik melalui sosial media, media konvensional, forum diskusi, serta seluruh perangkat komunikasi yang ada. Tiga hal yang perlu diperhatikan dalam kerja kehumasan adalah positioning, story telling, dan communication.

    “Positioning berhubungan dengan memposisikan diri kita, story telling tentang how to create story agar dapat diterima, serta communication tentang bagaimana mempromosikannya,” jelas Deden.

    Sedangkan Direktur Komunikasi Indonesia Indikator Rustika Herlambang, menyampaikan pentingnya memiliki big data di era digital saat ini.

    “You are in social media as much as you in real life,” kata jurnalis senior ini.

    Memiliki big data, tambah Rustika, dapat memperkaya dan memudahkan kerja kehumasan.

    Diketahui, Humas Expo yang digelar Biro Humas dan Protokol Setda Sulsel ini diikuti oleh humas dari seluruh kabupaten dan kota se Sulsel, perguruan tinggi, serta sejumlah BUMD dan BUMN. Mengusung tema Karya Humas Untuk Bangsa, Humas Expo diharapkan menjadi kesempatan untuk meningkatkan kreatifitas, profesionalitas, dan inovasi dalam bidang kehumasan.

    Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Sulsel, Devo Khaddafi, mengharapkan seluruh humas dapat menunjukkan karya nyata untuk bangsa dan negara.

    “Melalui talkshow dan pameran kehumasan, kita harapkan teman-teman humas dapat menampilkan berbagai inovasi, serta karya kita untuk bangsa bisa ditampilkan ke masyarakat umum,” kata Devo.

     

     

     

     

     

     

    Editor: Triutami