• Dinkes Makassar-RSUD Daya Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi
    Oleh | Jumat, 25 Agustus 2023 | 14:10 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Masalah kesehatan ibu dan anak masih menjadi prioritas utama dalam pembangunan Nasional Bidang Kesehatan.

    Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia tahun 2024, dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) adalah 183/100.000 Kelahiran Hidup dan Angka Kematian Bayi (AKB) adalah 16/1000 Kelahiran Hidup.

    Karenanya, RSUD Daya Kota Makassar bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) berkomitmen tekan angka kematian ibu dan anak.

    Dengan menggelar diklat on the job training (OJT) kegawat daruratan ibu dan anak bagi dokter, bidan, dan perawat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

    Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para Dokter, Bidan dan Perawat di Puskesmas dalam penanganan kasus kegawat daruratan ibu dan anak di RS.

    Juga meningkatkan kapasitas Dokter umum, Bidan, dan Perawat dalam melakukan deteksi dini resiko yang dapat terjadi pada kehamilan, persalinan, dan nifas dan Bayi baru lahir.

    Koordinator Bidang Diklat RSUD Daya Kota Makassar juga sebagai nerasumber kegiatan, Rima Kusumah Dewi, S.ST., M.Keb mengatakan, Sebanyak 8 angkatan terdiri dari dokter, perawat dan bidan mengikuti kegiatan ini. Kegiatan OJT ini dilaksanakan selama tiga hari setiap angkatan.

    “Kami menerima amanah ini dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dalam rangka upaya menurunkan Angka Kematian Ibu, dan Angka Kematian Bayi khususnya di Kota Makassar. Salah satunya dengan peningkatan kapasitas SDM kesehatan di FKTP,” ujarnya, Kamis, 24 Agustus 2023 dilansir dari HeraldSulsel.

     

    Editor: Arus Ahmad