• Dinkes Makassar Fokus Pencegahan TBC
    Oleh | Senin, 26 Juni 2023 | 13:44 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar meningkatkan target temuan kasus tuberkulosis atau tb menjadi 10 ribu kasus di tahun 2023 ini.

    Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Makassar Andi Mariani mengatakan, target ini naik dibanding hasil temuan 6 ribu kasus sepanjang tahun lalu.

    “Kita target lebih dari 10 ribu (penemuan) kasus tahun ini,” ujarnya dilansir dari Beritakotamakassar.com, Senin 26 Juni 2023.

    Dia menjelaskan upaya pencarian dilakukan melalui pembentukan tim kerja Forum Multisektor (FMS) Eliminasi Tuberkulosis. Mereka nantinya akan turun ke 153 kelurahan di Makassar.

    “Ini tim kerja, karena memang dri sisi pemkot kan mengharapkan semua kelurahan juga mensosialisasikan tentang TB, itu ada 153 yang akan melaksanakan di tahun ini.

    Dia menambahkan sosialisasi mengenai penyakit Tuberkulosis sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk menekan jumlah warga yang terpapar. Melalui pembentukan tim kerja, diharapkan edukasi bisa lebih dimaksimalkan.
    “Jadi lebih dari 6 ribu yang didapatkan kemarin (2022), itu mungkin tahun ini bisa lebih banyak ditemukan. Kalau kita secara masif melakukan sosialisasi dan mendeteksi dini dan skring TB kepada masyarakat yang bergejala,” tutupnya.

    Editor: Arus Ahmad