• Anggaran Pelantikan Anggota DPRD Makassar 9 September Capai 2 Miliar Rupiah
    Oleh | Sabtu, 6 Juli 2024 | 07:41 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar terpilih akan dilantik 9 September 2024 mendatang. Anggaran pelantikannya mencapai lebih dari Rp2 miliar.

    “Iye insyaallah (9 September 2024 pelantikan),” kata Sekretaris DPRD Makassar, Dahyal saat dikonfirmasi Linksulsel.com melalui WhatsApp, Sabtu 6 Juli 2024.

    Pria yang juga menjabat ketua pelaksana pelantikan itu mengatakan, pengambilan sumpah yang digelar membutuhkan anggaran Rp2 miliar lebih. Termasuk untuk pengadaan atribut.

    Atribut dimaksud berupa pin emas. Tiap orang yang jumlahnya 50, mendapat dua pin dengan berat masing-masing 10 gram.

    Di anggaran pelantikan nanti, Dahyal menyebut pihaknya menganggarkan Rp2 juta per gram. Jika ditotal, tiap orang untuk dua pin biayanya Rp40 juta.

    “Pin ini memiliki berat 20 gram per orang, yang menjadi alasan anggarannya mencapai Rp2 miliar. Kami menganggarkan harga emas sekitar Rp2 juta per gram, sehingga per kepala biayanya mencapai sekitar Rp20 juta hingga Rp40 juta,” jelasnya.

    Selain pin, Dahyal menyebut anggaran itu juga dialokasikan untuk jas yang mencapai Rp215 juta. Ia menyebut, jumlah anggaran yang terdengar besar merupakan alokasi yang seharusnya dalam pelantikan.

    “Harga emas pada saat itu Rp1,5 juta per gram, maka anggarannya akan menyesuaikan. Anggaran ini memang terlihat besar, tetapi semua ini adalah kelengkapan yang diperlukan untuk anggota dewan,” pungkasnya.

    Editor: Arus Ahmad