• Kemenkes Keluarkan Edaran Waspadai Antraks, Diskes Makassar: Patut Direplikasi ke Daerah Lain
    Oleh | Jumat, 7 Juli 2023 | 18:59 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM – Kementerian Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran (SE) kewaspadaan penularan penyakit Antraks untuk seluruh fasilitas kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Edaran itu memuat intruksi agar rumah sakit maupun puskesmas di Yogyakarta mulai waspada. Terkait penyakit yang disebabkan oleh Bacillus Anthracis ini.

    Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Kota Makassar Mariani mengatakan, edaran itu mestinya juga menyasar daerah lainnya.Mengingat saat ini, SE tersebut hanya berlaku untuk daerah Yogyakarta.“Untuk saat ini Surat Edaran Kemenkes utntuk DIY yang mengalami KLB. Tapi patut direplikasi juga ke daerah lain untuk antisipasi,” ungkapnya, Jumat (7/7/2023).

    Mariani mengatakan, Dinkes Makassar sendiri kini terus berkoordinasi dengan dinas terkait. Seperti Dinas Peternakan.

    “Saat ini sementara juga koordinasi dengan pihak peternakan apakah ada SE dari Kementan,” ujarnya.

    Selain itu untuk mengerahui, apakah hingga saat ini, virus yang menyebar lewat hewan itu telah menjangkit hewan di Sulawesi Selatan atau tidak.

    “Apakah ada kasus dicurigai Antraks di Sulsel,” tandasnya.

    Sebelumnya, Antraks memang telah menjadi penyakit endemi di Yogyakarta sejak 2016.Hingga hari ini, sejak 2024, tiga warga Gunungkidul, Yogyakarta meninggal. Mereka dikabarkan suspeks Antraks.

    Editor : Maya