• DPRD Makassar Minta Pemkot Fokus Tanggulangi Kemiskinan
    Oleh | Selasa, 14 Mei 2024 | 05:22 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Masalah kemiskinan di Kota Makassar menjadi perhatian utama pemerintah kota. Meski telah ada beberapa program penanggulangan kemiskinan, namun angka kemiskinan masih cukup tinggi. Anggota DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid meminta, pemerintah kota untuk memaksimalkan upaya penanggulangan kemiskinan dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat.

    “Kami menyadari bahwa program bantuan tunai atau sembako hanya bersifat sementara dan tidak menyelesaikan akar permasalahan. Masyarakat tidak hanya butuh bantuan, tapi lebih penting lagi adalah layanan dan akses untuk meningkatkan kemandirian ekonomi mereka,” ujar Hamzah Hamid.

    “Kami berupaya untuk memutus mata rantai kemiskinan secara berkelanjutan dengan mengedukasi masyarakat dan membuka peluang pekerjaan yang layak. Hal ini penting karena semakin banyak warga yang mengalami pemutusan hubungan kerja, sehingga angka kemiskinan dapat meningkat dan berpotensi menimbulkan masalah keamanan dan ketertiban.” tambahnya.

    Beberapa langkah yang akan didesak kepada Pemerintah Kota Makassar antara lain memperkuat layanan informasi lapangan pekerjaan, program pemberdayaan UMKM, kerjasama dengan BPJS Kesehatan, serta melibatkan lembaga pendidikan untuk meningkatkan keterampilan kerja masyarakat guna mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan.

    Hamzah Hamid menekankan perlunya pendekatan komprehensif dan berkelanjutan, serta melibatkan semua pihak terkait dalam upaya penanggulangan kemiskinan. “Pemerintah Kota harus berkomitmen untuk terus berupaya memutus mata rantai kemiskinan dengan mengedepankan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat,” pungkasnya.

    Editor: Arus