• Dinkes Makassar: Layanan Vaksinasi Covid-19 Masih Gratis
    Oleh | Minggu, 23 Juni 2024 | 13:23 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Layanan vaksinasi COVID-19 tidak ada perubahan sejak awal dicanangkan. Hanya saja, vaksinasi kali ini tidak terlalu dimasifkan seperti saat pandemik COVID-19 dulu.

    “Yang belum lengkap saja vaksin boosternya yang kemarin bisa datang vaksin di Puskesmas. Tidak lagi kita lakukan secara massif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin, Ahad 23 Juni 2024.

    Layanan vaksinasi COVID-19 di Makassar dapat diperoleh di Puskesmas terdekat. Layanan vaksinasi tidak dikenakan biaya apapun. “Masih gratis,” kata Nursaidah.

    Pelaksanaan vaksinasi gratis ini merupakan bagian dari kebijakan Kementerian Kesehatan. Selain itu juga merupakan upaya untuk melindungi masyarakat rentan walaupun situasi COVID-19 yang kian terkendali.

    Berdasarkan kebijakan Kementerian Kesehatan, ada dua kelompok yang menjadi sasaran vaksinasi gratis COVID-19 ini. Kelompok tersebut adalah mereka yang belum pernah menerima vaksin COVID-19 sama sekalu dan kelompok yang sudah menerima minimal 1 dosis vaksin COVID-19.Kelompok pertama maupun kelompok kedua dikhususkan bagi masyarakat lanjut usia, lanjut usia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil, serta remaja usia 12 tahun ke atas dan kelompok usia lainnya dengan kondisi immunocompromised (orang yang mengalami gangguan sistem imun) sedang–berat.

    Editor: Arus Ahmad