• Appakati’no Program BPBD Makassar Dukung Makassar Metaverse Pemkot
    Oleh | Kamis, 14 Juli 2022 | 12:42 WITA

    MAKASSAR,LINKSULSEL.COM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar menyiapkan inovasi untuk mendukung Makassar menuju Kota Metaverse.

    BPBD Makassar akan menyiapkan data-data masyarakat penyintas bencana untuk merampungkan big data Pemkot yang akan dirangkum dalam platform sombere and smart city.

    Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin membuat inovasi dengan nama yang kental dengan bahasa Bugis Makassar, Appakati’no.

    Appakkati’no singkatan dari aplikasi pendataan masyarakat penyintas bencana secara online,” ucap Achmad Hendra Hakamuddin.

    Dalam melayani pengungsi,  para personel BPBD menggunakan aplikasi pendataan masyarakat penyintas bencana secara online.

    “Dalam aplikasi ini merekam data-data jumlah pengungsi berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, anak, balita,” jelasnya.

    Informasi atau data tersebut kata Hendra akan dikirim ke war room untuk diolah.War room ialah pusat pengendali opersi penangan bencana.

    Juga dijadikan tempat pusat desiminasi informasi kepada warga terkait kondisi cuaca Makassar, juga jadi pusat koordinasi lintas OPD .”Setelah data diolah di war room, data tersebut juga akan disampaikan ke SKPD terkait,” katanya.(*)

     

    Editor : Ernawati