Andi Sudirman berangkat dari Makassar menuju Jayapura, pukul 02.30 Wita. Sebelumnya, Sudirman baru saja pulang dari kunjungan dinas di Jakarta dan langsung melanjutkan penerbangan ke Papua.

“Saya akan ke Papua untuk bertemu langsung warga asal Sulsel yang saat ini sedang diungsikan akibat konflik. Saya akan memastikan kondisi keamanan warga Sulsel di Papua. Kami juga nanti berkoordinasi dengan pejabat di Papua asal Sulsel terkait penanganan warga kami di sana,” ujar Sudirman.

Selain Wagub Sudirman, beberapa pejabat Sulsel lainnya, seperti Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat, tim khusus dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Sulsel juga akan berangkat ke Papua untuk membantu penanganan pengungsi di Wamena, untuk menyiapkan bantuan makanan, pakaian dan kesehatan.

Terkait jumlah korban meninggal dari warga Sulsel, Sudirman masih menunggu proses pengumpulan data dari pihak keamanan dan yang berwenang di Papua.

“Kami saat ini masih menunggu perkembangan informasi berapa jumlah korban dari konflik kekerasan di Wamena, kami turut berbelasungkawa dan berharap doa warga Sulsel dan daerah lainnya agar konflik di Papua dapat segera selesai,” pungkasnya.