• Pelantikan Pengurus Apoteker Sulsel Dirangkaikan Seminar Nasional
    Oleh | Rabu, 1 Mei 2019 | 18:10 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Sulawesi Selatan (PD IAI Sulsel), yang juga Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof Dr Gemini Alam MSi Apt memandu rapat pemantapan panitia menjelang acara Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Daerah IAI Sulsel di ruang pertemuan Fakultas Farmasi Rabu 1 Mei 2019.

    Acara pelantikan pengurus apoteker akan dilaksanakan di Auditorium Prof. A. Amiruddin Fak. Kedokteran Unhas pada Ahad, 5 Mei 2019. Pengurus apoteker yang dilantik nantinya tidak hanya dari Pengurus Daerah IAI Sulsel, tapi bersamaan pula dengan pelantikan Pengurus Cabang IAI Kota Makassar; Pengurus Cabang IAI Kabupaten Pangkep; dan Himpunan Seminat Farmasi Kesehatan Masyarakat disingkat Hisfarkesmas. Hisfarkesmas merupakan seminat baru yang terbentuk tahun ini yang anggotanya terdiri dari apoteker yang bekerja di Puskesmas Se-Sulsel.

    “Acara pelantikan pengurus akan dirangkaikan dengan Seminar Nasional. Seminar ini sangat penting diikuti oleh apoteker dan mahasiswa Farmasi untuk menambah ilmu update dunia kefarmasian. Disamping itu, teman-teman sejawat apoteker yang lain perlu bersilaturahim dengan pengurus baru yang akan dilantik baik di PD, PC maupun dengan seminat Farmasi,” ungkap Prof Alam.

    Seminar nasional kefarmasian ini, terbuka untuk umum. Tema seminar yaitu Penguatan Peran Organisasi di Era Revolusi Industri 4.0. Menurut rencana, tiga pembicara akan hadir membagikan gagasan tentang kefarmasian pada seminar tersebut.

    Ketua PP IAI, Drs Nurul Falah E Pariang, MM Apt membawakan materi terkait penguatan peran apoteker di masyarakat; Kemudian, Yulia Yusrini Djabir SSi MBM Sc MSi PhD Apt, selaku dosen di Fakultas Farmasi Unhas akan membawakan materi farmakologi antiplatelet sebagai profilaksis acute coronary syndrome.

    Pembicara lainnya adalah Rudy Gondo SSi Apt, selaku Regional Marketing Manajer Laboratorium Klinik Prodia Wilayah Sulawesi dan Maluku. Beliau akan membawakan materi dengan judul pharmacogenomic in the age of personalized medicine.

    Rapat pemantapan panitia ini untuk mengevaluasi kinerja panitia menjelang pelaksanaan acara pelantikan. Tampak hadir dalam rapat ini yaitu Andi Alfian SSi MSi Apt selaku sekretaris PD IAI Sulsel; Sulaiman SSi MKes Apt selaku ketua panitia kegiatan; Muh Akbar Azis SSi Apt; Sukamto S Mamada SSi MSc Apt; Ajeng Kurniati SSi MKes Apt; Nur Yusroni SSi Apt; Yenny Ramli SSi Apt dan Aminullah SSi MPharm Sc Apt.

    Dalam laporannya, Sulaiman selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa persiapan acara pelantikan sudah sekitar 75%. “Panpel akan berupaya yang terbaik menyiapkan acara pelantikan, seminar nasional dan rakerda. Kami berharap agar Gubernur Sulsel nantinya bersedia membawakan sambutan,” ujarnya.

    Sulaiman menyampaikan kepada teman sejawat apoteker se-Sulsel agar mengikuti acara ini untuk menjalin silarurahim dengan pengurus yang baru.

    “Buat teman sejawat apoteker dan mahasiswa farmasi yang akan ikut, agar segera mendaftar melalui saudara Yenny Ramli (08114616564) atau Sukamto (082310570625). Kami menyediakan doorprize menarik buat peserta,” kata Sulaiman.

    Acara pelantikan, seminar dan rakerda PD IAI Sulsel ini akan didukung oleh Prodia Wilayah Sulawesi dan Maluku dan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk.

     

     

     

    Editor: Henny