• Loket Pajak Tokopedia Jalin Kerjasama dengan Bapenda Sulsel
    Oleh | Rabu, 8 Mei 2024 | 12:16 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama platform Tokopedia tepatnya Loket Pajak Tokopedia guna memudahkan masyarakat membayar pajak secara daring (online), khususnya pada pembayaran E-Samsat atau pajak kendaraan bermotor.

    Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Reza Faisal Saleh di Makassar, Rabu 8 Mei 2024 mengatakan Bapenda Sulawesi Selatan sangat mengapresiasi Tokopedia yang telah berkolaborasi dalam pengembangan digitalisasi layanan publik.

    “Saat ini, Masyarakat di Sulawesi Selatan juga dapat menikmati cashback dengan melakukan pembayaran menggunakan kode promo SMSTSULSEL,” kata dia.

    Saat ini, Tokopedia telah menjadi platform digital pilihan utama masyarakat Sulawesi Selatan untuk pembayaran E-Samsat.

    Tokopedia menghadirkan kemudahan untuk masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran E-Samsat, yang mana masyarakat dapat dengan mudah membayar pajak lewat Tokopedia tanpa harus mengantre dan dapat dilakukan di mana saja.

    Emmiryzan selaku Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Pemerintah Daerah Tokopedia mengungkapkan pembayaran pajak kendaraan E-Samsat menjadi salah satu produk digital yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama di Provinsi Sulawesi Selatan.

    Ini terlihat dari data internal Tokopedia yang menunjukkan pembayaran E-Samsat di Sulawesi Selatan mengalami kenaikan transaksi tertinggi, hampir 5 kali lipat pada semester I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Selain pembayaran E-Samsat, masyarakat juga dapat melakukan transaksi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Penerimaan Negara melalui Loket Pajak Tokopedia.

    Di Provinsi Sulawesi Selatan, Tokopedia juga mencatat adanya kenaikan jumlah transaksi pembayaran PBB di Sulawesi Selatan sebesar lebih dari 2 kali lipat pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022.

    “Tokopedia akan terus berinovasi dalam menghadirkan lebih banyak kemudahan pembayaran pajak bagi masyarakat Sulawesi Selatan,” ujarnya.

    Tokopedia yang merupakan bagian dari Group GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia, terus berinovasi dan berkolaborasi bersama mitra strategis termasuk salah satunya pemerintah daerah. Salah satunya dengan mewujudkan digitalisasi layanan publik, khususnya perpajakan yang bekerja sama dengan Bapenda Provinsi Sulawesi Selatan.

    Berkat semangat kolaborasi dengan mitra strategis seperti pemerintah daerah, saat ini semakin banyak masyarakat di Sulawesi Selatan yang telah membayar pajak lewat Tokopedia melalui Loket Pajak Tokopedia, salah satunya pajak kendaraan bermotor (E-Samsat).

    “Kerja sama dengan para mitra strategis merupakan salah satu upaya Tokopedia untuk membantu masyarakat melakukan pembayaran pajak secara lebih praktis dan efisien,” kata Emmiryzan.

     

    Editor: Ahmad Rusli