• Keren, Bapenda Sulsel Tingkatkan Kapasitas Opsis dan Opdat Samsat
    Oleh | Selasa, 22 November 2022 | 19:06 WITA

    LINKSULSEL.COM, MAKASSAR– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) operator sistem (Opsis) dan Operator Data (Opdat) lingkup Bapenda Sulsel melalui pelatihan yang digelar di Hotel Gammara Makassar, Sabtu-Minggu (19-20 November 2022).

    Acara ini dibuka Kepala Bidang Teknologi dan Sistem Informasi (TSI) Bapenda Sulsel Andi Satriady Sakka, S.Stp MM mewakili Kepala Bapenda Sulsel H Sumardi Sulaiman S.Sos, M.Si.

    “Pelatihan opsis dan opdat ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas petugas kita di lapangan apalagi di era digital seperti sekarang ini,” ujar Kabid TSI Andi Satriady Sakka. Acara ini juga dihadiri kasir dari samsat yang ada di Sulsel.

  • Menurutnya, petugas opsis dan opdat mempunyai  posisi yang sangat strategis karena mereka menjalankan sistem dan mengelola data di samsat yang berada di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

    Kapasitas opsis dan opdat, lanjutnya, harus terus ditingkatkan setiap tahun agar sesuai dengan perkembangan sistem dan pengolahan data yang semakin canggih.

    Ia juga meminta kepada petugas dan kasir agar menjaga integritas di lapangan karena mereka yang mengetahui sistem dan bertemu langsung dengan wajib pajak.

    Pada pelatihan ini peserta dibekali materi terkait regulasi serta layanan pembayaran digital dan aplikasi terbaru yang digunakan di Bapenda Sulsel.

    Peserta juga mendapatkan materi penggunaan Qris yang dibawakan langsung oleh pemateri dari Bank Sulselbar.

    Peserta cukup antusias mengikuti kegiatan dan bertanya langsung pada pemateri mengenai kendala yang mereka temukan di lapangan.

    Editor: Ahmad Rusli