• Dinkes Fasilitasi Anak Imigran di Makassar Imunisasi Campak Rubella
    Oleh | Kamis, 29 September 2022 | 20:28 WITA

    Makassar, Linksulsel.com- Imunisasi Campak Rubella menjadi perhatian khusus Dinas Kesehatan Makassar.  Tak terkecuali bagi anak-anak imigran yang tinggal di Kota Daeng. Dinas Kesehatan memaksimalkan cakupan imunisasi Campak Rubella dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

    Dilansir dari sonora.co.id, kali ini, Dinas Kesehatan menggandeng dua organisasi internasional yakni International Organization for Migration (IOM) dan Unicef untuk melaksanakan imunisasi bagi anak-anak imigran yang berdomisili di Makassar.

    Pelaksanaan imunisasi dipusatkan di Three LittlBirds Makassar, Kamis 29 September 2022 dimana tercatat 100 anak imigran mengikuti kegiatan tersebut.

    Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Makassar, Zakiah Darajat mengatakan, imunisasi bagi kelompok imigran telah dilaksanakan sejak dulu, termasuk imunisasi rutin.

    Semua anak imigran yang baru lahir terpantau imunisasinya oleh Puskesmas setempat.

    “Mereka kan ada kediaman yang disiapkan pemerintah. Itu terpantau anak-anaknya oleh puskesmas. Mulai dari status kesehatan sampai imunisasinya,” ujar Zakiah.

    Pada pelaksanaan BIAN 2022 ini, kata Zakiah, diberikan imunisasi tambahan bagi anak usia 9 bulan sampai 12 tahun. Beruntung, para orang tua sangat antusias dan mengizinkan anaknya diberikan imunisasi tambahan, Campak Rubella.

    “Imunisasi ini untuk mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) yang saat ini sudah terjadi di beberapa daerah di Indonesia dan juga di luar negeri,” ucapnya.

    Menurutnya, imunisasi Campak Rubella bagi anak imigran ini akan mencegah potensi meluasnya KLB. “Kita tentu tidak mau lagi ada pandemi-pandemi,” sebutnya.

    Editor: Ahmad Rusli