• Bapenda Sulsel Dorong Masyarakat Maksimalkan Layanan Bayar Pajak Drive Thru
    Oleh | Selasa, 18 Juni 2024 | 15:44 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel) terus mendorong masyarakat untuk memaksimalkan layanan bayar pajak drive thru. Apalagi, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak pada malam hari.

    Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh mengatakan, pihaknya merespon dan melihat kebutuhan masyarakat. Banyak masyarakat masih sibuk beraktivitas di siang hari. “Makanya, tidak ada waktu untuk membayar pajak. Jadi, kita menyediakan layanan drive thru di Pettarani. Kita buka sampai malam,” paparnya.

    Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang memberlakukan diskon untuk pembayaran pajak kendaraan angkutan umum.

    “Sebenarnya bukan bebas denda. Itu diskon untuk angkutan barang dan angkutan penumpang.Jadi, selama ini mungkin memerlukan kebijakan-kebijakan kita sentuh disitu. Tentu saja atas kebijakan Gubernur,” ungkapnya.

    Ia mengutarakan, langkah itu juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan meningkatkan partisipasi masyarakat membangun daerah melalui sadar bayar pajak.

    Sebelumnya diberitakan, Realisasi PAD Sulsel mencapai Rp893 miliar lebih pada Triwulan Pertama (TW I) Tahun Anggaran 2024. Reza Faisal Saleh menyampaikan, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menjadi PAD tertinggi untuk periode TW I Tahun Anggaran 2024.

    Dari target tahun ini sebesar Rp1,7 triliun lebih. Realisasi pendapatannya sudah mencapai 21,24 persen.

    Editor Arus Ahmad