• Sekda Makassar Luncurkan SIPAKABAJI
    Oleh | Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:13 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM – Satu lagi program inovatif hadir di Kota Makassar. Kali ini datang dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemerintah Kota Makassar, dengan nama SIPAKABAJI.

    SIPAKABAJI atau Sistem Penerimaan Tamu dan Kunjungan Berbasis Digital ini diluncurkan langsung Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh Ansar di Balaikota Makassar, Kamis (20/10).

    Dalam sambutannya, Muh Ansar mengaku terkesan dengan program yang diusung oleh Kepala Bagian Prokopim Pemkot Makassar, Muh. Zuhur Dg. Ranca.

  • Menurutnya, SIPAKABAJI ini adalah program yang sangat inovatif dan akan memberikan kemudahan bagi warga, organisasi, lembaga maupun instansi untuk tatap muka dengan Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Makassar.

    “SIPAKABAJI ini sangat luarbiasa, sebuah inovasi baru, karya monumental. Inovasi yang belum pernah ada. Sebuah proses transformasi digital yang mempermudah masyarakat atau lembaga untuk tatap muka dengan pimpinan,” kata Muh Ansar.

    Sekda Muh Ansar melanjutkan, SIPAKABAJI  menambah daftar panjang program inovatif Pemkot Makassar yang terkenal dengan Sombere and Smartcity ini.

    “Proses pelayanan publik beradaptasi dengan teknologi terbarukan ini juga mendukung MakaVerse, Makassar Menuju Metaverse,” ujarnya.

    Sementara itu Muh. Zuhur Dg. Ranca menyampaikan bahwa lahirnya SIPAKABAJI tidak terlepas dari tugas Bagian Prokopim dalam memberikan pelayanan publik yang prima. Sebagaimana yang diamanahkan undang-undang.

    Pemanfaatan teknologi digital dalam pelayanan publik ini melalui artificial reality metaverse  merupakan target jangka panjang. Sebagai tahap awal, SIPAKABAJI memanfaatkan website kemudian dikembangkan ke aplikasi yang bisa diunduh di layanan penyedia aplikasi digital untuk smartphone atau gawai.

    “Memberikan pelayanan prima nagi pimpinan dan tamu adalah tugas kami. SIPAKABAJI hadir untuk menopang kinerja kami sekaligus mendukung MakaVerse yang digaungkan Pemkot Makassar,” jelas Muh. Zuhur.

    Dia berharap SIPAKABAJI dapat segera diterapkan oleh Bagian Prokopim Pemkot Makassar dalam menjalankan tugas.

    “Dan semoga bisa memberi manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat,” tutupnya. (*)