• Permudah Pembayaran Pajak, Bapenda Sulsel Hadirkan Qris Dinamis
    Oleh | Senin, 12 Desember 2022 | 15:36 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan Qris Dinamis untuk melayani masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan di samsat se-Sulsel.

    Peluncuran berlangsung di sela-sela Rapat Koordinasi Akhir Tahun Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Sulsel yang berlangsung pada 9 Desember 2022 di Makassar.

    Peluncuran dihadiri Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Rudy Bambang Wijanarko, Direktur Kepatuhan Bank Sulselbar Dian Anggriani Utina, Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bapenda Sulsel Darmayani Mansyur, serta undangan lainnya.

    “Kehadiran Qris dinamis akan memberikan kenyamanan dan praktis digunakan wajib pajak yang membayar pajak kendaraan secara nontunai,” kata Darmayani di Makassar didepan peserta yang merupakan TP2DD perwakilan pemerintah daerah se-Sulsel.

    Berbeda dengan Qris statis, Qris dinamis lebih praktis karena wajib pajak tak perlu menulis nominal yang akan dibayar pada aplikasi pembayaran mobile-nya.

    “Jika menggunakan Qris statis, kita sendiri yang tulis nominalnya, sedangkan jika menggunakan Qris dinamis, nilai yang akan dibayarkan muncul secara otomatis saat barcode-nya di-scan,” katanya.

    Qris dinamis dapat digunakan saat bertransaksi di samsat stasioner, gerai samsat, samsat keliling, ataupun di samsat drive thru.

    Qris dinamis merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Bapenda Sulsel dalam menangkap keinginginan wajib pajak yang menginginkan pembayaran cepat dan transparan, ujar Darmayani.

    Editor: Ahmad Rusli