• Mobil Dottoro’ta MenggunakanTenaga Listrik
    Oleh | Rabu, 11 Oktober 2023 | 12:30 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM-  Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara resmi melakukan relaunching untuk program home care Dottoro’ta di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Makassar, Selasa (10/10).

    Dengan melaunching 47 unit mobil home care Dottoro’to berteknologi electric vehicle (EV) atau mobil listrik yang ramah lingkungan. Danny Pomanto, sapaan akrabnya, relaunching ini dilakukan guna memperbaharui fasilitas yang tersedia pada mobil Dottoro’ta.

    Ia menyebut mobil Dottoro’ta EV ini memiliki fasilitas yang lebih bagus dari sebelumnya. Seperti, dalam mobil ini terdapat alat pemeriksaan jantung (EKG) dengan teknologi yang lebih canggih, lalu ada juga tabung oksigen untuk pertolongan darurat (emergency).

    Mobil Dottoro’ta ini, kata Dany, memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga dapat menjangkau masyarakat hingga ke lorong-lorong.

    Mobil ini mampu membawa satu pasien, namun mobil ini juga berisi tiga petugas di dalamnya yakni sopir, perawat serta dokter .

    “Mobil ini kecil tapi mampu membawa satu  pasien. biasanya jug walaupun ada driver khusus, perawatnya maupun dokternya bisa jadi driver pada saat saat tertentu,” terang Danny.

    47 mobil ini melayani 15 kecamatan 153 Kelurahan, secara jumlah itu sangat cukup.

    Menariknya, mobil Dottoro’ta ini menggunakan mobil listrik sebagai upaya untuk low carbon.

    Mobil Dottoro’ta ini sekali dilakukan pengisian daya listrik selama delapan jam dengan jarak tempuh hingga 200 km.

    Nursaidah menyebut tempat pengisian daya untuk mobil Dottoro’ta  telah tersedia disemua puskesmas yang ada di Kota Makassar.

     

    Editor : heny