• Latih Puluhan UMKM Longwis, Identifikasi Masalah Lewat BizMatching Diskominfo
    Oleh | Kamis, 15 Desember 2022 | 13:36 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM— Puluhan UMKM yang berasal dari Lorong Wisata (Longwis) kota Makassar mendapat pelatihan gratis lewat program BizMatching yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Makassar.

    Program ini sebagai aksi nyata Pemerintah Kota untuk menggenjot dan memfasilitasi pelaku UMKM Longwis agar produknya bisa bersaing dipasaran.

    Dihari kedua pelatihan ini, Koordinator Program Bizmatching, Aryani memberikan tema pelatihan founder dating yakni bagaimana proses matching beberapa Start UP dengan UMKM.

  • Pada sesi ini, para peserta saling bertukar pikiran dan informasi satu sama lain terlebih untuk mengidentifikasi masalahserta kendala yang dihadapi para pelaku UMKM.

    Termasuk jenis kebutuhan mereka sebelum masuk sesi mentoring berikutnya.

    “Model roundtable. 1 meja diisi 1 startup 3 sampai 4 UMKM. Masing- masing 10 menit untuk saling mengidentifikasi kebutuhan dan kecocokan bisnis model masing-masing. Sesi kolaborasi,” ucapnya, Kamis (15/12/2022).

    Dia menambahkan program ini akan diadakan sebanyak 10 sesi sehingga para peserta dapat menyerap ilmu dan tata cara berbisnis dengan baik.

    Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi dan Informatika (Aptika) Diskominfo, Jusman mengungkapkan jika antusias para pelaku UMKM Longwis sangat tinggi untuk mengikuti program Bizmatching ini.

    “Seandainya kita tidak menseleksi peserta akan membludak. Karena setiap sesi yang kami buat sangat memenuhi standar kebutuhan dari para pelaku UMKM. Salah satunya seperti kendala pada pemasaran produk,” sebutnya.

    Kedepannya, kata Jusman program ini akan berlanjut demi mendukung visi misi Pemerintah Kota Makassar untuk melahirkan para start up handal dari 5.000 Lorong Wisata. (*)

    Editor: Ahmad Rusli