• Hanya 70 dari 1.028 Koperasi di Makassar Rutin Gelar RAT
    Oleh | Jumat, 10 Maret 2023 | 11:49 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Muhammad Rheza mengungkapkan Koperasi di Kota Makassar masih sangat sedikit yang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT).

    “Dari 1.028 koperasi yang ada di Kota Makassar belum sampai 70 yang melaksanakan RAT,” ujar Rheza.

    ia mengambil barometer sebuah koperasi yang sehat adalah koperasi yang segera menggelar RAT, karena RAT ini merupakan wadah untuk sharing dua arah terkait pertanggungjawaban pengurus.

    Rheza menyampaikan kendala yang kadang terjadi dalam koperasi adalah Simpan-Pinjam.

    “Kalau anggota koperasi juga disiplin dalam memberikan iuran tahunan saya kira itu akan menjadi tambahan modal, sehingga jika ada anggota yang membutuhkan itu bisa jadi solusi. Namun jika yang peminjam kurang disiplin maka kita sendiri yang akan matikan koperasi kita, kasihan pengurusnya jika harus berurusan dengan pihak bank untuk menghidupkan koperasi,” tuturnya.

    Dalam kesempatan tersebut Rheza juga mengucapkan selamat karena Koperasi Karyawan Tirta Sejahtera berhasil melaksanakan RAT sebelum tanggal 31 Maret.

    “Saya mengapresiasi perubahan-perubahan yang ada di dalam koperasi karyawan PDAM Makassar, apalagi koperasi sempat vakum,” ujar Reza.

    Rheza juga membuka ruang kepada siapapun yang ingin berkonsultasi mengenai koperasi.”Ke depan kami dari Dinas Koperasi siap membantu jika ada hal yang ingin dikonsultasikan, kita akan bimbing nanti apa saja yang perlu dibenahi dan ditingkatkan,” kata Rheza.

    “Saya lihat tadi banyak usaha di sini, bagusnya karena mem-backup kebutuhan kantor PDAM itu sendiri, sangat luar biasa jadi PDAM tidak perlu sibuk mencari kebutuhan di luar karena sudah terpenuhi di dalam,” sambungnya.

    editor : Maya