• Bapenda Sulsel Sumbang 58 Kantong Darah
    Oleh | Rabu, 12 Oktober 2022 | 14:07 WITA

    MAKASSAR,LINKSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar donor darah pada Rabu 11 Oktober 2022 di Aula Bapenda Sulsel Jalan Andi Pangerang Petta Rani nomor 1 Makassar.

    Bapenda Sulsel rutin menggelar donor darah setiap tiga bulan sekali dan masuk dalam kategori pendonor darah lestari kategori instansi pemerintah.

    Koordinator Mobile Unit Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dokter Hasriani, mengatakan, pada donor darah ini petugas mengumpulkan 58 kantong darah. Setiap kantong berisi 350 cc darah yang berasal dari pegawai Bapenda Sulsel.

    “Ada tujuh orang yang kami tolak karena tidak memenuhi syarat, dua orang tekanan darahnya tinggi, tiga orang hemoglobin-nya rendah, dan lain-lain dua orang,” ujar Hasriani.

    Hemoglobin adalah metaloprotein di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga mengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

    Masyarakat yang ingin menggelar donor darah bisa menghubungi Tim Humas UPTD Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Andi Bandri dengan nomor ponsel 081355084456.

    Sekretaris Bapenda Sulsel, Dr H. Reza Faisal Saleh, S.Stp, M.Si, mengatakan, pihaknya secara rutin menggelar donor darah ini sebagai bentuk empati pegawai Bapenda Sulsel pada masyarakat yang membutuhkan darah.

    Ia berharap donor darah yang dilakukan Bapenda Sulsel bisa membantu Dinkes Sulsel dalam menyediakan stok darah.

    Aksi donor darah ini diikuti sejumlah kepala unit pelaksana teknis pendapatan (UPTP) dari berbagai daerah di Sulsel.

    Donor darah ini berlangsung mulai pukul 09.00-13.00 dengan menerapkan protokol kesehatan yakni pendonor dan petugas memakasi masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan.(am)