• Bapenda Sulsel Sosialisasikan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan
    Oleh | Jumat, 23 Desember 2022 | 18:49 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyosialisasikan Peraturan Gubernur Sulsel tentang dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, dan pajak alat berat tahun 2022 dan tahun sebelumnya di Makassar, 15 Desember 2022.

    Acara tersebut dibuka Kepala Bapenda Sulsel H. Andi Sumardi Sulaiman. Dalam sambutannya, ia mengatakan, kegiatan ini snagat penting untuk meningkatkan pengetahuan para petugas pemungut pajak daerah pada kantor bersama Samsat di Sulsel serta memberikan informasi pada masyarakat agar mengetahui dasar penghitungan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

    Hadir dalam acara tersebut yakni Direktur Lalu Lintas Polda Sulsel, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIX Kemenhub RI, Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Sulsel, petugas Samsat se-Sulsel, serta kepala UPT Bapenda se-Sulsel.

    Peraturan Gubernur ini merupakan amanat Pasal 23 ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 82 Tahun 2022 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2022 dimana disebutkan bahwa Ketentuan mengenai Nilai Jual Kendaraan Bermotor dan Nilai Jual Alat Berat sebagai dasar penghitungan pengenaan PKB, BBNKB, dan PAB diatur dengan peraturan gubernur.

    Selain mengatur dasar pengenaan PKB, BBNKB, dan PAB, peraturan gubernur ini juga memberikan keuntungan kepada masyarakat dengan diberikannya insentif dan kebijakan berupa pembebasan tarif progresif, denda PKB, dan denda BBNKB II bagi kendaraan yang akan diproses BBNKB II.

    Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor merupakan penyumbang terbesar dalam Pendapatan Asli Daerah. Sebagai informasi, sampai dengan November tahun 2022, PKB dan BBNKB berkontribusi sebesar 62 persen pada penerimaan pajak asli daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Tentunya pencapaian ini tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan mitra Bapenda.

    Pada kesempatan itu, Kepala Bapenda Sulsel menyampaikan terima kasih kepada Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Faizal, S.IK dan Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Sulawesi Selatan Hendriawanto, SE atas kontribusinya dalam membantu mengoptimalkan peningkatan pajak daerah khususnya pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik nama Kendaraan Bermotor di Sulsel.

    Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bapenda Sulsel Dharmayani Mansur, mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan petugas pemungut pajak daerah khususnya pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, dan pajak alat berat pada kantor bersama SAMSAT di Sulsel.

    Acara sosialisasi ini juag dihadiri Ketua Asosiasi Dealer Resmi Kendaraan Bermotor Se-Sulsel, Ketua DPD Organda Sulsel, para direktur/ pimpinan dealer/ showroom kendaraan bermotor, pimpinan perusahaan angkutan orang (AKDP) dan (AKAP) se Sulawesi Selatan, perwakilan dari Gojek, Grab, dan Maxim Cabang Makassar, para pejabat dalam lingkup Bapenda Sulsel, para Pamin dan Kanit Regident Samsat se-Sulsel, dan para operator sistem (Opsis) UPT Pendapatan Se-Sulsel.

    Editor: Ahmad Rusli