• Aplikasi Pakinta Bapenda Makassar Bakal Jadi Role Model Daerah Lain
    Oleh | Minggu, 7 Juli 2024 | 11:44 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Pemkot Makassar memiliki terobosan pajak bernama Pakinta atau biasa disebut Pajak Terintegrasi dan Terdigitalisasi. Pakinta kini menjadi role model pelayanan pajak.

    Sejumlah daerah telah melakukan studi tiri mengenai Pakinta. Sistem ini berpeluang diadopsi ke daerah lain karena dianggap sangat efektif dalam mencapai target-target pajak.

    Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menjelaskan sistem perpajakan Kota Makassar, Pakinta adalah terobosan efektif. Aplikasi itu dirilisnya tahun 2022 lalu.

    Pakinta atau biasa disebut Pajak Terintegrasi dan Terdigitalisasi ini dihadirkan guna memudahkan layanan akses bayar pajak daerah di Makassar.

    Dia menjelaskan aplikasi pakinta yang dapat diunduh lewat play store ini bisa diakses oleh seluruh wajib pajak dengan hanya memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) maka wajib pajak bisa melihat langsung status bayar pajak, denda dan tagihan pajak.

    “Pembayarannya pun tidak repot lagi ke kantor bapenda. Cukup membayar melalui Indomaret, Alfamart, Ovo dan Qris dan beberapa kanal pembayaran lainnya,” bebernya, Ahad 7 Juli 2024.

    Melalui sistem perpajakan aplikasi PAKINTA yang mudah, Pemkot Makassar telah menyabet juara 1 penggunaan (QRIS) Kategori Retribusi dan Pajak Daerah dengan Pembayaran Digital.

    Editor: Arus Ahmad