• Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan, Himasei Unhas Gelar Festival Makan Ikan
    Oleh | Rabu, 24 April 2019 | 13:17 WITA

    MAKASSAR, LINKSULSEL.COM- Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan (HIMASEI) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengajak seluruh masyarakat Makassar untuk gemar makan ikan.

    Hal tersebut diserukan dalam rangka memeriahkan milad ke-19 HIMASEI unhas. Oleh karena itu, Himasei menggelar Festival Makan Ikan di Gor Unhas pada Rabu 24 April 2019.

    Ketua panitia festival tersebut, Latifa menjelaskan bahwa event ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik.

    “Gerakkan aksi 1000 tanda gemar makan ikan dan salah satunya kita akan mengajak masyarakat memakan Pacco susi khas bugis,” kata Latifa saat ditemui di lokasi kegiatan.

    Selain itu, melalui festival ini Himasei juga mengajak anak usia dini agar lebih mengenal ikan sesuai dengan tema yang diambil, yaitu “Peningkatan Kualitas dan Integritas Sumber Daya Manusia dalam Mempertahankan Eksistensi Sektor Perikanan dan Kelautan Dalam Dimensi Perikanan Indonesia”.

    “Kita buat kegiatan lomba mewarnai ikan untuk anak SD sehingga mereka bisa mengenal ikan,” ujarnya lagi.

    Festival Makan Ikan ini juga dirangkaikan dengan kongres Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan Indonesia (HIMASEPINDO). Kongres menghadirkan delegasi dari setiap universitas di Indonesia untuk membahas prospek terkait arah perikanan indonesia.

    “Kita sekalian menetapkan ketua umum HIMASEPINDO tentunya dan seperti apa programa kerjanya,” pungkasnya.

    Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulsel, Sulkaf S Latief menyambut baik terselenggaranya Festival Makan Ikan yang digelar hari ini.

    Menurut Sulkaf, Festival Maka Ikan merupakan sebuah kegiatan yang patut didukung penuh Pemprov Sulsel guna meningkatkan kecintaan masyarakat untuk gemar makan ikan.

    “Saya kira luar biasa yah Festival Makan Ikan ini. Jadi kita diajak untuk mencoba beraneka ragam kuliner yang bahan bakunya dari ikan, apalagi diolah secara tradisional Bugis Makassar,” jelas Sulkaf.

    Sulkaf melanjutkan, Pemerintah Provinsi Sulsel pun turut mendukung peningkatan produksi perikanan melalui segelintir program kerja pembudidayaan ikan dan hasil pengolahan makanan laut lainnya.

    Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Unhas Makassar, Sampara Syarifuddin mengatakan, pihak universitas sangat mendukung kegiatan mahasiswa yang bertujuan demi menggalakkan kecintaan mengkonsumsi ikan dan berharap kegiatan sejenis dapat terus berlanjut.

    Dalam kegiatan Festival Makan Ikan ini, nampak antusias dari puluhan mahasiswa Unhas yang mendatangi lokasi kegiatan. Pasalnya di kegiatan ini disediakan beragam macam olahan masakan tradisional yang bahan bakunya berasal dari ikan seperti Pallumara Bandeng dan Pacco. Tak hanya masakan yang berasal dari bahan baku ikan, juga disediakan pencuci mulut seperti Kue Barongko dan Taripang.

     

     

     

     

    Editor: Henny