• BPBD Makassar Mulai Siagakan Personil Carester
    Oleh | Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:05 WITA

    MAKASSAR,LINKSULSEL.COM- Memasuki musim penghujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mulai melakukan langkah-langkah konsolidasi internal dan eksternal bersama stakeholder terkait, untuk mengantisipasi bencana banjir di Kota Makassar. “Internal kami sudah menyusun personil, sumber daya termasuk personel dan peralatan. Kami sudah mendistribusikan anggota, buat rencana di masing-masing titik lokasi yang rawan banjir,” ujar Kepala BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin, Jumat, 7 Oktober 2022.

    Pihaknya sudah menyiapkan personil Care and Rescue Center (Carester) untuk disiagakan dalam menghadapi musim peralihan ini. “Kami memang punya tiga Carester, dua diantaranya betul-betul berada di wilayah banjir seperti Carester Tamalanrea dan Manggala. Namun, kalau kita melihat personel di sana kan selama ini rutin ada tiga,” jelasnya.

    “Kami sudah konsolidasi, kita akan up Anggota kami di sana untuk turun memantau di daerah sekitar,” tambahnya.

    Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Makassar ini menuturkan, intensitas curah hujan beberapa pekan ini mulai meningkat namun masih dalam kondisi terkendali. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar sebelumnya telah memberi peringatan. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah memasuki awal musim penghujan. Hal itu ditandai turunnya hujan di sejumlah wilayah Sulsel pada waktu tertentu.

    Kemudian di bulan Oktober, November dan Desember diperkirakan cuaca hujan cukup intens atau cukup lebat.

    “Ini sudah kita lihat mulai dari transisi, perbedaan musim antara musim kemarau dan musim hujan yang ditandai dengan hujan es kemarin. Itu salah satu tanda-tanda yang terjadi ketika terjadi pergantian musim,” jelas Hendra. Pihaknyapun sudah meningkatkan kewaspadaannya mulai per 1 Oktober setelah peringatan BMKG telah diterima.

    editor :heny