• Kemenhub Resmi Tutup Penerbangan Menuju Dan Dari Kota Wuhan
    Oleh | Selasa, 28 Januari 2020 | 13:53 WITA

    LINKSULSEL.COM – Kementerian Perhubungan menegaskan telah menutup akses penerbangan dari Indonesia menuju Wuhan, China dan dari Wuhan ke tanah air. Hal itu antara lain sebagai upaya pencegahan virus Corona yang berasal dari Wuhan.

    Penegasan itu disampaikan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela-sela Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/1).

    “Sampai hari ini dari seluruh Indonesia ke Wuhan itu ditutup, sebaliknya juga dari Wuhan ke Indonesia ditutup,” tegas Budi.

    Kendati begitu, Budi mengakui bahwa beberapa hari belakangan sempat ada satu penerbangan ke Wuhan namun itupun urung dan dibatalkan oleh Kemenhub.

    “Jadi tidak ada satupun penerbangan menuju Wuhan dan dari Wuhan ke Indonesia. Sekali pernah ada satu penerbangan menuju ke sana tetapi kita batalkan,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Budi menyatakan, Kemenhub berokoordinasi dengan Kemenkes yang mengikuti rekomendasi WHO (World Healt Organization) selaku organisasi kesehatan PBB bahwa untuk penerbangan ke kota-kota lain di China belum dilakukan penutupan.

    “Nah, lalu ada pertanyaan berkaitan dengan tujuan China yang lain, dari rekomendasi Kemenkes bahwa tidak dan belum ada rekomendasi dari WHO tentang upaya-upaya untuk tidak melakukan koneksi dari dan ke kota kota di China,” tutur Budi.

    “Dari referensi yang kita peroleh dari negara-negara yang cukup punya kapasitas juga tidak melakukan kegiatan penundaan atau travel warning kepada daerah-daerah (China) yang lain,” imbuhnya menegaskan. (rm)

    Editor : Heny